Home » » Lubang Hitam Terbaru di Galaksi Bima Sakti: Sisa-Sisa Sebuah Supernova Bipolar

Lubang Hitam Terbaru di Galaksi Bima Sakti: Sisa-Sisa Sebuah Supernova Bipolar

Stasiun pengawas NASA yang bernama Chandra X-ray berhasil melacak keberadaan sebuah lubang hitam baru (black hole) di galaksi Bima Sakti kita. Lubang hitam ini dicurigai sebagai produk sisa dari sebuah supernova. Seperti biasa, NASA selalu menamai setiap penemuannya di jagad raya ini dengan kode dan untuk black hole ini, mereka melabelinya W49B. Umurnya diperkirakan masih seribu tahun dan jaraknya dengan bumi adalah 26.000 tahun cahaya. Nih, penampakannya gan!
Jejak supernova W49B. Cantik tapi mematikan. Tinggi akan kandungan besi, belerang, dan silikon. Belum lagi ada black hole yang mampu menghisap apapun.
Kalo ente belum tahu supernova itu adalah kejadian dimana sebuah bintang yang mati, meledak, mengeluarkan isi perut mereka. Lha, penemuan ini dianggap NASA spesial karena ledakannya diperkirakan jauh lebih destriktif dan ga teratur. Di sisi lain, pengeluaran isi bintang juga diklaim NASA sebagai yang tercepat. Menurut Laura Lopez, ketua penelitian dari penemuan ini, W49B adalah yang paling unik dari peninggalan semua supernova-supernova yang pernah mereka amati di galaksi Bima Sakti ini.

SOURCE: SlashGear  

0 komentar:

Posting Komentar

Template Information

Recent Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Asap Industri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger